• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Disparbud Wonosobo Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata, Upaya Memajukan Sektor Pariwisata yang Berkelanjutan dan Berbasis Komunitas

WONOSOBO – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo menggelar kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata yang berlangsung selama 4 hari dimuai pada Senin 27 Mei 2024 hingga Kamis 30 Mei 2024 mendatang. 

Pelaksanaan Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata berlangsung meriah, kegiatan secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo, pada Senin 27 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Agus Wibowo menyampaikan pentingnya pengembangan sumber daya manusia dalam sektor pariwisata, khususnya ekowisata, yang potensinya sangat besar di Wonosobo.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemandu wisata agar dapat memberikan pengalaman yang terbaik bagi para wisatawan, serta mendukung kelestarian lingkungan,” ujar Agus.

Pelatihan ini dipandu oleh JTTC Jogjakarta. JTTC diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang komprehensif kepada para peserta, sehingga mereka siap untuk menghadapi tantangan di lapangan.

Selama beberapa hari ke depan, para peserta pelatihan akan mendapatkan berbagai materi yang mencakup teknik pemanduan, pengelolaan destinasi wisata berbasis lingkungan, serta pemahaman mendalam tentang ekosistem lokal. Pelatihan ini juga akan diisi dengan sesi praktek lapangan di beberapa lokasi ekowisata unggulan di tingkat Nasional.

Acara ini diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari berbagai latar belakang, termasuk pemandu wisata lokal dan pelaku usaha pariwisata. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para pemandu wisata di Wonosobo dapat meningkatkan kompetensinya sehingga mampu memberikan layanan yang profesional dan ramah lingkungan kepada wisatawan.

Pelatihan ini juga merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk memajukan sektor pariwisata yang berkelanjutan dan berbasis komunitas, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal melalui pariwisata.

“Kami berharap setelah pelatihan ini, para pemandu wisata dapat menjadi duta lingkungan yang turut menjaga keindahan alam Wonosobo, serta mempromosikan pariwisata yang berkelanjutan,” tutup Agus Wibowo dalam sambutannya.***

KOMENTAR

Daftar Komentar