• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Desa Wisata Pesona Gunung Prau Patakbanteng Kabupaten Wonosobo Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

WONOSOBO - Desa Wisata Pesona Gunung Prau Patakbanteng yang berlokasi di Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, masuk 50 besar Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024.

ADWI sendiri merupakan program unggulan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI) dalam rangka pembinaan sekaligus menilai desa wisata yang ada di Indonesia.

Desa Wisata Pesona Gunung Prau Patakbanteng berhasil masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik dari 6.016 desa wisata yang mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 kali ini.

Setelah lolos 500 besar, 300 besar dan 100 besar, akhirnya desa wisata yang menawarkan view pegunungan dan keindahan Gunung Prau inipun lolos tahap 50 besar dan pasti akan dikunjungi oleh Menteri Parekraf RI.

Diharapkan setelah ada kunjungan Menteri Pariwisata, kedepan bisa terus melaju menjadi yang terbaik di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo, Senin 27 Mei 2024.

"Desa Wisata Pesona Gunung Prau yang berlokasi di Desa Patakbanteng Kecamatan Kejajar berhasil membawa kabar bahagia untuk Kabupaten Wonosobo juga Provinsi Jawa Tengah karena berhasil masuk dalam 50 Besar Desa Wisata Terbaik dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024," kata Kadisparbud Agus Wibowo.

Menurut data profil Desa Wisata Pesona Gunung Prau Patakbanteng, desa wisata ini memiliki daya tarik wisata berupa Gunung Prau, wisata agro, life in yang dilengkapi sarana penunjang berupa homestay, jeep wisata, ojek wisata, wisata religi, oleh-oleh khas, souvernir, guide dan porter serta pelaku wisata lainya merupakan konsep pengembangan daerah yang menjadikan desa sebagai destinasi wisata.

Dalam kesempatan tersebut Agus menambahkan, dengan adanya pengelolaan seluruh daya tarik wisata yang tepat diharapkan dapat memberdayakan masyarakat Desa Patakbanteng, Kecamatan Kejajar secara khusus maupun Kabupaten Wonosobo secara umum, sesuai dengan prinsip utama dalam desa wisata, yaitu desa membangun.

Menurut keterangan salah satu pengurus Pokdarwis Patakbanteng Solichun, Desa Wisata Pesona Gunung Prau ini memiliki beberapa potensi unggulan, antara lain:

1. Sunrise terbaik Asia tenggara
2. Desa melimpah Masjid
3. Baritan Terang Bulan
4. Makanan Khas 
5. Rumah Budaya
6. Tarian Patak Lengger

"Daya tarik keindahan alam berupa sunset, milky way, sunrise dan kearifan lokal berupa baritan terang bulan, wisata budaya, wisata agro, juga menelusuri sejarah desa dengan wisata religi, yang selain sebagai tujuan berlibur juga bernilai edukasi," tambah Solichun yang sekaligus sebagai pengelola desa wisata Patakbanteng.

Terkait lolosnya Desa Wisata Pesona Gunung Prau Patakbanteng menjadi 50 besar Desa Wisata terbaik tahun ini, bukan hal yang mudah.

"Untuk sampai di titik ini perjalanan Desa Wisata Pesona Gunung Prau tidaklah mudah," jelasnya.

ADWI 2024, menurutnya, membuat desa wisata di Indonesia berlomba-lomba menampilkan wajah terbaik desa wisatanya. Di sisi lain mereka juga bersaing dalam menggali seluruh potensi dan menyajikan dengan kemasan yang sangat menarik.

"Saya berharap Desa Wisata Pesona Gunung Prau akan memberikan warna baru di sektor pariwisata Jawa Tengah dengan segala potensi, keunggulan, keunikan, kekhasan  dan pesonanya," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi di Provinsi Jawa Tengah, terdapat 3 Desa Wisata yang berhasil masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024, yakni: Desa Wisata Pesona Gunung Prau Kabupaten Wonosobo, Desa Wisata Wanurejo Kabupaten Magelang, dan Desa Wisata Bangowan Kabupaten Blora.***