• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Wabup M. Albar Dorong Desa Sigedang Berbenah Menuju Desa Wisata Unggulan di Wonosobo

WONOSOBO - Dalam rangka Merti Desa, pada Mei 2024 di Desa Sigedang, Kecamatan Kejajar, Wakil Bupati Wonosobo Drs Muhammad Albar MM mendorong potensi yang dimiliki desa tersebut menjadi daya tarik wisata agar bisa menjadi Desa Wisata unggulan di Kabupaten Wonosobo ke depannya.

Hal tersebut diungkapkan saat memberikan sambutan pada acara Merti Desa Sigedang, Jumat 3 Mei 2024 pagi.

Albar yang selalu menghadiri kegiatan rutin Merti Desa yang digelar masyarakat Desa Sigedang ini bahkan pernah menitipkan beberapa pesan saat dirinya menghadiri kegiatan serupa satu tahun lalu, mulai dari pendokumentasian potensi desa menjadi narasi dan story telling yang baik hingga pengenaan busana adat seperti blangkon saat acara kebudayaan yang digelar di Desa Sigedang.

"Dulu saya pernah berpesan, seluruh potensi desa Sigedang dibukukan, mulai dari pendiri desa hingga potensi alam, budaya, pertanian, destinasi wisata maupun potensi lainnya, nah ini pesan yang masih belum dilakukan, saat acara merti desa ini, masyarakat bisa ikut menggenakan blangkon," ungkapnya.

"Kedepan koordinasi dengan Dinas Pariwisata, berembug, apa saja yang perlu dipenuhi, agar potensi yang sedemikian rupa ini bisa kita angkat, menjadi salah satu daya tarik wisata dan bisa menjadi Desa Wisata unggulan," harapnya.

Dijelaskan Kepala Desa Sigedang Mad Habib S.Sos, kegiatan Merti Desa ini merupakan tradisi turun temurun, yang terus dilestarikan oleh masyarakat, dengan berbagai rangkaian acara.

"Untuk tahun ini, sudah dimulai sejak hari Rabu lalu dengan kegiatan bersih sendang, dilanjutkan pada Kamis malam ider ider, dan Jumat pagi ini mengangkat tajuk seribu tumpeng, dilanjutkan pagelaran wayang kulit selama 2 hari 2 malam," jelas Kades Sigedang.

Kemudian direncanakan, pada Selasa depan, diadakan pengajian dan halal bi halal bersama warga, dengan pembicara KH Anwar Zahid.

Sementara Kabid Pemasaran Disparbud Wonosobo Sri Fatonah W. Ismangil usai acara menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah masyarakat Desa Sigedang atas terselenggaranya kegiatan merti desa.

"Kami sangat mendukung dan turut mendorong, ke depan cita-cita dan harapan masyarakat Desa Sigedang untuk menjadikan desanya sebagai salah satu destinsi unggulan di Kabupaten Wonosobo," pungkasnya.***