• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Dilatih Kepemanduan Balawista, Pengelola dan Pemandu Wisata Air Agar Lebih Peduli Keselamatan Wisatawan

Disparbud Wonosobo kembali menggelar pelatihan dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM Pariwisata dan Ekraf di Wonosobo. Kali ini pelatihan yang digelar adalah Pelatihan Kepemanduan Badan Penyelamat Wisata Tirta atau Kepemanduan Balawista. Menurut Kadisparbud Agus Wibowo dalam laporannya yang disampaikan saat Pembukaan Pelatihan Kepemanduan Balawista (Senin, 18/9) di Pibee Resto & Cafe, Pelatihan yang didanai dari DAK Non Fisik Kemenparekraf 2023 ini diikuti oleh 40 orang peserta dari unsur pelaku wisata tirta antara lain dari river tubing, telaga, waduk, kolam renang hingga arung jeram.

 

Pelatihan yang berkerjasama dengan LSP JTTC Yogyakarta yang dilaksanakan selama 4 hari (18-21 September 2023) ini menyajikan materi antaral lain Kepemanduan Wisata Air, Mengembangkan  Pengetahuan Umum untuk Pemandu Wisata Air, Standar Presentasi Personal Pramuwisata, Mengantisipasi Situasi dan Kondisi Darurat di Area Wisata Tirta, Protokol Keamanan dan Keselamatan di Daya Tarik Wisata, Penyelenggaraan Keamanan dan Keselamatan di Destinasi Wisata Air, Praktik Mengkoordinasi dan Mengoperasikan Tur Wisata Alam Tirta, Praktik Memimpin Awak Perahu Saat Beriwisata Tirta, dan diakhiri dengan Ujian Kompetensi/Sertifikasi.


Sementara Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dalam sambutannya menyampaikan bahwa guna meningkatkan kepercayaan wisatawan dan meningkatkan kualitas layanan wisata air khususnya, perlu adanya SDM yang lebih berkualitas, ahli dan kompeten. Pengelola Wisata Air harus mampu menjamin kenyamanan, keamanan dan keselamatan bagi wisatawan yang berkunjung. Di sisi lain, harus ada sinergi dan upaya 'nyawiji' atau kolaborasi di semua elemen untuk memajukan wisata di Wonosobo termasuk wisata air baik dari unsur pemerintah, swasta, masyarakat dan berbagai elemen pendukung lainnya. Dirinya juga berharap kepada seluruh pengelola wisata air di Wonosobo, agar selektif dan semakin profesional dalam pelaksanaannya. Selain harus jeli dalam membidik pasar, pengelola juga jangan terburu-buru membuat keputusan dalam menjual aset yang berimplikasi pada investasi yang tidak sehat dan tidak pro terhadap kesejahteraan masyarakat Wonosobo.


Wonosobo belum bisa lepas dari Dieng, oleh karenanya, daya tarik wisata pendukung Dieng harus benar-benar berbenah dan dikemas dengan lebih baik, sehingga wisatawan yang ke Dieng bisa berkunjung pula ke destinasi wisata yang lain termasuk wisata tirta yang akhir-akhir ini sangat diminati wisatawan seperti Telaga Menjer, Arung Jeram, River Tubing, Mengarungi Waduk Wadaslintang dan sebagainya. Maka destinasi wisata selain Dieng pun akan lebih ramai dikunjungi wisatawan.

KOMENTAR

Daftar Komentar