• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Tingkatkan Kompetensi, Disparbud Wonsoobo Gelar Pelatihan Pemandu Ekowisata

kowisata atau ecoturism merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pembelajaran dan pendidikan. Selain itu ekowisata juga memiliki makna berbeda dibanding wisata alam pada umumnya, yaitu kegiatan yang memiliki tanggungjawab kepada alam, masyarakat dan lingkungan sekitar.

Guna menunjang dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya pada bidang pemandu ekowisata bagaimana melakukan dan mendampingi tamu dengan konsep-konsep berbasis lingkungan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wonosobo melaksanakan Pelatihan Pemandu Ekowisata yang dibuka secara resmi Senin (28/8) di Griya Jayanti Wonoland Wonosobo.

“Pelatihan Pemandu Ekowisata bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi para pemandu ekowisata agar dapat memenuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Kepemanduan Ekowisata”, ucap Kepala Disparbud Wonsoobo, Agus Wibowo dalam pembukaan acara tersebut.

Pelatihan yang dilaksanakan selama empat hari dimulai tanggal 28 – 31 Agustus 2023 diikuti oleh 40 peserta dari pengelola destinasi wisata yang ada di Kabupaten Wonsoobo.

Para peserta dibekali berupa loka latih yang meliputi dua bentuk kegiatan yaitu pemaparan basis pemahaman teori dalam bentuk ceramah dan tanya jawab serta prakek dan kerja bersama untuk memperkuat pemahaman melalui diskusi dan aktivitas kelompok.

KOMENTAR

Daftar Komentar