A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/var/lib/php/sessions/ci_sessionbb2f7a5c86d0e9b166876fbad4fa46e02883199e): failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 156

Backtrace:

File: /home/opd/application/controllers/Post.php
Line: 8
Function: __construct

File: /home/opd/index.php
Line: 292
Function: require_once

DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN
  • (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Siap Kawal Penerbangan Balon Yang Aman, Komunitas Balon Wonosobo Tanda Tangani Komitmen Bersama PLN dan OPD Terkait

Siap Kawal Penerbangan Balon Yang Aman, Komunitas Balon Wonosobo Tanda Tangani Komitmen Bersama PLN dan OPD Terkait

Komunitas Balon Wonosobo yaitu para penghobi balon tradisional yang unik dan berupaya melestarikan tradisi balon udara tradisional siap mengawal penerbangan balon yang aman. Hal ini dibuktikan melalui penandatanganan komitmen bersama dengan berbagai elemen yakni ULTG PLN Wonosobo, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Wonosobo, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Wonosobo, Satpol PP Wonosobo dan Bagian Pemerintahan Setda di Dewani Resto (Rabu, 12/4/23).

Dalam paparannya Pimpinan PLN ULTG Wonosobo Suswoyo menjelaskan bagaimana menerbangkan balon yang aman sebagai upaya mengantisipasi tradisi menerbangkan balon udara tradisional setiap Hari Raya Idul Fitri di sejumlah wilayah di Wonosobo. Kegiatan ini juga dilakukan untuk memastikan kelancaran event Festival Mudik 2023.
Pasalnya, apabila balon udara tersebut terbang bebas atau tidak tertambat, selain membahayakan penerbangan juga dapat membahayakan jaringan listrik tegangan ekstra tinggi (SUTET) dan tegangan tinggi (SUTT).

Balon udara yang terbang bebas dapat berpotensi tersangkut pada kawat SUTET ataupun SUTT, sehingga berakibat terjadinya hubung singkat atau konsleting yang berujung pemadaman listrik," ujar Suswoyo.
Adapun isi dari Komitmen Bersama yang ditandatangani pada kesempatan itu  berisi 4 (empat) poin yaitu :
1. Tidak bermain dan menerbangkan balon udara didekat jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi/SUTT (radius lebih dari 1 km)
2. Dalam pembuatan balon udara agar tidak menggunakan unsur bahan yang mengandung logam/bersifat konduktif
3. Setiap balon udara diikat dengan minimal tiga tali tambatan untuk meminimalisir kemungkinan balon udara lepas
4. Tidak melakukan penerbangan balon udara yang melanggar Peraturan Menteri Perhubungan No. 40 Tahun 2018.
Kepala Disparbud Wonosobo Agus Wibowo dalam sambutannya menjelaskan bahwa yang perlu diwaspadai justru para penghobi balon yang tidak tergabung dalam komunitas yang kadang iseng dan menerbangkan balon secara liar. Agus menjamin bahwa Komunitas Balon Wonosobo apalagi yang sudah tergabung dalam Event Festival Mudik 2023 komit terhadap upaya penerbangan balon yang aman dengan cara ditambatkan maupun menghindari SUTET maupun SUTT. 
Dalam kesempatan tersebut penandatanganan Komitmen Bersama oleh OPD terkait, selain Kepala Disparbud juga dilakukan oleh Kepala Satpol PP Wonosobo, Kabag Pemerintahan Setda dan Sekretaris Disperkimhub Wonosobo.
Sementara dari pihak Komunitas Balon yang berkesempatan melakukan penandatanganan komitmen bersama tersebut adalah Perwakilan Komunitas Balon Kembaran Kalikajar, Karangluhur Kertek, Limbangan Mudal Mojotengah, Gondang Watumalang, Sambek Wonosobo, Wringinanom Kertek, Anshor Kertek, dan Komunitas Balon Wonosobo,

KOMENTAR

Daftar Komentar

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: rewind() expects parameter 1 to be resource, boolean given

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 188

Backtrace:

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: filesize(): stat failed for /var/lib/php/sessions/ci_sessionbb2f7a5c86d0e9b166876fbad4fa46e02883199e

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 192

Backtrace: