• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

10 Desa Wisata di Wonosobo Terima Bantuan Keuangan Pengembangan Desa WIsata Dari Pemprov Jateng

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wonosobo Agus Wibowo, menerima secara simbolis bantuan keuangan (Bankeu) dari Pemprov Jawa Tengah Tahun 2023 untuk 10 desa wisata yang ada di Kabupaten Wonosobo. Bantuan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara Dialog Gubernur dengan Bupati/Wali Kota pada Musrenbangwil Purwomanggung (Purworejo, Temanggung, Wonosobo, Magelang dan Kota Magelang) di aula PT. Geo Dipa Energi Krasak Mojotengah Wonosobo, Senin 20 Maret 2023.
Adapun 10 Desa Wisata yang mendapat bankeu untuk pengembangan desa wisata senilai Rp 100 juta per desa wisata pada tahun ini adalah Desa Wisata Beran, Desa Wisata Ropoh, Desa Wisata Warangan Kec. Kepil, Desa Wisata Kalimendong Kec.Leksono, Desa Wisata Keseneng Kec. Mojotengah, Desa Wisata Batursari, Desa Wisata Pecekelan Kec. Sapuran, Desa Wisata Pakuncen Selomerto, Desa Wisara Plobangan Kec. Selomerto dan Desa Wisata Limbangan Kec. Watumalang.
Ganjar Pranowo mengatakan Pemprov Jateng mengucurkan anggaran sebesar Rp 18,5 miliar untuk 140 desa wisata di Jateng di Tahun 2023. Bantuan tersebut diberikan untuk pengembangan desa wisata baik secara fisik maupun non fisik tergantung kebutuhan desa masing-masing.
Pemprov Jateng telah meyalurkan bantuan kepada 631 desa wisata dalam kurun waktu 2020 hingga 2023. Bankeu untuk pengembangan desa wisata diberikan kepada tiga kategori desa wisata, antara lain desa wisata maju Rp 1 miliar, desa wisata berkembang Rp 500 juta dan desa wisata rintisan Rp 100 juta.
Melalui bantuan tersebut diharapkan desa wisata dapat menjadi desa yang mandiri serta mendorong desa lain untuk mengarah ke yang lebih baik serta potensi desa wisata bisa digali dan menjadi sajian pariwisata atau produk pariwisata bagi peningkatan ekonomi masyarakat di desa wisata tersebut dan desa-desa sekitarnya.

KOMENTAR

Daftar Komentar