• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Tanam 3.500 Pohon di Jalur Pendaki Gunung Prau, Wujud Nyata Wonosobo Dukung Pelestarian Alam

Marathon Konservasi Gunung Prau dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo One Andang Wardoyo dan peserta dilepas secara simbolis oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo di Basecamp Patakbanteng Kejajar Minggu (22/1/23). 

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Perwakilan dari Perhutani Kedu Utara, perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah terkait, Camat Kejajar, sponsor dan ratusan pecinta alam yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia untuk bersama-sama menanam pohon di kawasan jalur pendakian Gunung Prau lewat Patakbanteng Kejajar.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan secara marathon di Wonosobo sejak 20 Januari 2023 yang lalu dan dihadiri bintang tamu dari Jakarta yakni Medina Kamil yang terkenal sebagai presenter acara TV Jejak Petualang yang juga turut melakukan penanaman pohon di lokasi pendakian Gunung Prau.

Kegiatan Marathon Konservasi sendiri adalah event rutin tahunan kerja bareng Oemah Alam, Paguyuban Basecamp se Kedu Utara & Perhutani Kedu Utara yang didukung oleh para pihak termasuk Pemerintah Kabupaten.
Agenda marathon konservasi ini mulai dilaksanakan pada saat memasuki musim hujan yakni di Bulan November - Februari.

Kegiatan kali ini melibatkan ratusan peserta dari kalangan pecinta alam, pendaki gunung maupun dari umum dan dilaksanakan di beberapa gunung yakni Sindoro, Sumbing, Petarangan, Pakuwojo, Bismo, Telomoyo, dan Prau.
Sementara bibit yang ditanam menurut Joko Ketua Oemah Alam sekaligus panitia, mencapai kurang lebih 3.500 an batang yang terdiri beberapa jenis antara lain Puspa, Damar, Beringin,, Makadamia, Picisan, Tengsek, Papung, Lerak, dan Walisongo.

Khusus Gunung Prau senyampang dilaksanakan konservasi, telah ditutup sementara untuk wisata pendakian dari tanggal 3 Januari - 16 Februari 2023 dan kan dibuka kembali pada tanggal 17 Januari 2023 mendatang.

KOMENTAR

Daftar Komentar