• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Waspada Potensi Cuaca Ekstrim di Wilayah Wonosobo

Memasuki penghujung tahun kita diminta untuk lebih waspada dan hati-hati terutama bagi masyarakat dan wisatwan yang ingin berkunjung ke Dieng Wonosobo.

Berdasarkan info dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hasil analisis dinamika atmosfer, adanya pertemuan massa udara dingin dari Asia dengan massa udara panas dari Australia meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia termasuk Jawa Tengah. Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Selat Malaka hingga Riau, dari Samudera Hindia selatan Banten hingga Jawa Timur, di Laut Jawa, di Laut Bali dari Selat Sunda hingga Jawa Barat. Meningkatnya potensi penguapan (penambahan massa uap air) berada di wilayah Laut Jawa, serta kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap awan hujan di sebgaian wilayah Indonesia, khususnya Jawa Tengah, termasuk Wonosobo.

Dihimbau agar masyarakat dan para wisatawan yang ingin berkunjung ke Wonosobo agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi. 

Terus tingkatkan budaya sadar bencana, apabila terjadi kejadian bencana/ keadaan darurat bisa segera hubungi call center 112 (bebas pulsa)
Call center BPBD Wonosobo (WA) di 081311116976 atau dapat juga menghubungi kantor BPBD di (0286) 322908 / markas damkar di (0286) 325605

Untuk wisatawan yang ingin ke Dieng periksa kendaraan anda pastikan kendaraan anda dalam keadaan normal dan rem berfungsi dengan baik.

KOMENTAR

Daftar Komentar