• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Event Java Balloon Atrraction 2022 Raih Antusias Lebih dari 7000 Wisatawan

 

Java Balloon Attraction 2022 yang sudah ditunggu - tunggu oleh wisatawan dan masyarakat sukses digelar. Minggu pagi (4/9) 2022 sekitar pukul 06.00  WIB, Area Taman Rekreasi Kalianget sudah dipadati oleh ribuan wisatawan yang antusias ingin melihat secara langsung pagelaran Java Balloon Attraction 2022.

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat dalam sambutannya mengaku sangat kagum dengan adanya event tersebut. Melihat animo masyarakat menyaksikan event tersebut, Ia bahkan berjanji akan menggelar event serupa yang lebih besar lagi di Alun-alun Wonosobo nantinya.

Ada yang berbeda dan istimewa dari atraksi Balon Udara Tradisional kali ini.Jika biasanya balon-balon diterbangkan atau ditambatkan sesuai kehendak para penerbang balon, kali ini akan ada pengaturan formasi sedemikian rupa dan balon dikendalikan bersama-sama oleh semua peserta dalam satu kesatuan komando.

Terdapat empat formasi yang berhasil dibawakan oleh 25 Balon Udara Tradisional tersebut, antara lain formasi Gunung Sindoro, formasi Telaga Menjer, formasi Waduk Wadaslintang, dan formasi Gunung Prau. Masing-masing formasi menggambarkan daya tarik wisata yang ikonik di Wonosobo. Terdapat pula sajian Tari Topeng Lengger Khas Wonosobo yang sudah menjadi Warisan Budaya Tak Benda Nusantara dari Wonosobo turut mengiringi proses penerbangan balon kali ini. Dan Penerbangan balon udara tradisional ini tentunya tetap ditambatkan sesuai aturan yang berlaku.

Java Balloon Attraction 2022 sendiri dihadiri oleh Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, Wakil Bupati Wonosobo M. Albar, Jajaran Forkopimda, serta dihadiri pula oleh perwakilan Kemenparekraf RI dan perwakilan Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Airnav Indonesia, Penyidik Bandara, Puteri Remaja Jawa Tengah, para sponsor khususnya dari Bank Jateng Wonosobo yang sudah memberikan dukungan penuh terhadap event ini. Di sisi lain banyak juga wisatawan dari luar kota, luar pulau bahkan luar negeri yang turut menyaksikan gelaran atraksi balon kali ini.

Berdasarkan jumlah penjualan tiket yang tercatat untuk pengunjung wisata atau wisatawan sebanyak 7265 tiket berhasil terjual hanya dalam waktu 3 jam (pukul 06.00 WIBhingga pukul 09.00 WIB). Hal ini menunjukkan antusiasme yang besar dari wisatawan akan adanya event seperti ini. 
Tidak hanya wisatawan yang bertiket, masyarakat setempat juga ikut menyaksikan event ini. Bahkan tudak sedikit wisatawan yang ketinggalan momentum karena datang kesiangan dan terjebak macet karena saking banyaknya kendaraan yang berlalu lalang di jalan menuju lokasi event.

“Balon Udara Tradisional Wonosobo tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita sekalian. Bagaikan Capadocia Van Java, balon udara Wonosobo sudah sering menghiasi langit Wonosobo bahkan beberapa kali sudah diminta tampil menghiasi langit berbagai wilayah di Indonesia seperti Lampung, Bromo, Salatiga dan sebagainya belum lama ini.” Ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Wonosobo saat membacakan sambutan pada Java Balloon Attraction 2022. 

“Kami berharap, dengan adanya event Balon Udara Wonosobo, pariwisata Wonosobo akan lebih ramai dan mendatangkan banyak wisatawan ke Wonosobo. Sehingga perekonomian di Wonosobo pun semakin berkembang dan menyejahterakan masyarakat. Dan kamipun berharap, dengan terselenggaranya Java Balloon Attraction akan semakin memperkuat branding Balon Udara Tradisional sebagai icon Kabupaten Wonosobo," pungkas Agus.

Semoga balon udara Wonosobo semakin eksis mengudara yaa, dan semakin dikenal di kalangan khalayak luas, tak hanya warga dan wisatawan domestik namun sampai di level mancanegara.