• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Dukung Sektor Kuliner, 30 Barista Muda Dilatih dan Diuji Kompetensi

Dalam rangka meningkatkan kualitas di sektor kuliner khususnya potensi minuman kopi di Wonosobo, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo memberi kesempatan kepada para Barista Muda dan Pengelola Desa Wisata yang bergerak di dunia perkopian untuk mengikuti Pelatihan Barista di Resto Dewani , Selasa-Rabu (21-22/6/2022).

Adapun pelatihan diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari berbagai desa wisata dan asosiasi kopi di Wonosobo. Mereka diberi materi sekaligus praktek meracik beragam kopi secara bergantian. Menurut Kabid Kebudayaan dan Ekraf Disparbud Wonosobo Ratna Sulistyowati yang berkesempatan membuka pelatihan tersebut, kegiatan ini merupakan upaya untuk mendorong sektor ekonomi kreatif khususnya sub sektor kukiner di Kabupaten Wonosobo. Diketahui, Kabupaten Wonosobo memiliki potensi industri kopi yang cukup tinggi yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Wonosobo. Beberapa wilayah sudah terkenal menghasilkan kopi yang khas seperti Reco, Karangsari, Slukatan, Mlandi, dan sebagainya.

Sementara itu sasaran dari pelatihan ini ialah para generasi muda dan pelaku desa wisata yabg tujuannya agar mereka memiliki peluang untuk terjun di dunia barista dan memajukan kopi lokal Wonosobo untuk menembus pasar yang lebih luas ke depannya.

Selain mendapat pelatihan, para barista tersebut juga akan diikutkan pada uji kompetensi di akhir kegiatan. Uji kompetensi diperlukan agar menjadi tenaga yang profesional di bidangnya.

Jika lulus uji kompetensi, otomatis mereka akan memperoleh sertifikat barista. Sertifikat tersebut nantinya bisa digunakan untuk masuk ke dunia jasa pariwisata yang lebih profesional khususnya dalam bidang kuliner dan usaha kuliner kopi.

KOMENTAR

Daftar Komentar