• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Mengenal Tradisi Tenongan Desa Pagerejo

Dusun Pagerotan Desa Pagerejo Kec. Kertek mempunyai sebuah tradisi unik yaitu Nyadran Desa yang dilakukan setiap 70 hari sekali, atau bertepatan di hari Jumat Kliwon. Pelaksanaan acara tersebut bertempat di komplek makam Kyai Sunan Puger (Makom Sikramat).

Sebagai bentuk pelestarian budaya dan menjaga eksistensi sebuah tradisi turun temurun, warga Dusun Pagerotan melaksanakan tradisi tersebut sebagai bentuk manifestasi kekuatan pemersatu warga dan mempererat silaturahmi antar warga. Selain itu fungsi lain acara tersebut adalah sebagai forum untuk membahas langkah pembangunan desa yg ada di Dusun Pagerotan khususnya dan Desa Pagerejo pada umumnya.

Dimulainya acara ditandai dengan kedatangan warga ke makam Sunan Puger ( Makom Sikramat). Setiap orang membawa tenong yang diletakan di atas kepala (sunggi). Tenong yang dibawa berisikan makanan berupa nasi Golong ( Giling papat, limo pancer dan ambeng papat, limo pancer),  srundeng udang, krupuk udang dan tambahan lauk seperti telur dan sayur tahu.

Seluruh tenong didoakan dan sebelum ngalap berkah tenongan (makan isi tenong bersama-sama), diawali dengan doa yg meminta kepada Tuhan YME agar warga Dusun Pagerotan dan Desa Pagerejo selalu diberikan kesehatan, keberkahan dan keselamatan.

Yuk kapan-kapan kita ikutan tradisi ini ke Pagerotan Pagerejo yang saat ini sedang berupaya untuk menjadi Desa Wisata dengan segala daya tarik wisata dan atraksi budayanya.

KOMENTAR

Daftar Komentar