• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Untuk memajukan pariwisata apa saja sih yang harus dilakukan masyarakat?

 

“Industri kreatif dan destinasi wisata merupakan dua hal yang saling berpengaruh serta saling bersinergi, sehingga dibutuhkan adanya pengetahuan yang kreatif dalam menggelola keduanya.” 
Begitulah Kutipan dari Menteri Parekraf Sandiaga Salahudin Uno yang disampaian oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Wonosobo Agus Wibowo dalam Kegiatan Sosialisasi dan identifikasi Kawasan Pedesaan di Kecamatan Sukoharjo beberapa waktu yang lalu. Pada kesempatan tersebut Kepala Disparbud memaparkan poin – poin penting terkait dengan pemajuan pariwisata di daerah pedesaan.
Selama ini terdapat beberapa faktor yang membuat kepariwisataan khususnya di pedesaan masih sulit untuk berkembang, salah satu faktornya ialah kurangnya pemahaman akan pentingnya sentuhan ide – ide kreatif sebagai komponen yang berjalan beriringan mendukung berjalannya kepariwisataan. 
Kondisi hari ini menurut Agus memperlihatkan ekraf dan pariwisata masih dianggap sebagai dua sektor yang berbeda. Padahal tanpa adanya dukungan sektor kuliner, souvenir, branding dan promosi khusus bagi suatu Destinasi Wisata, kepariwisataan tentunya akan berjalan di tempat. Di samping itu perlunya pemikiran kreatif yang melahirkan berbagai inovasi guna menonjolkan keunikan lokal yang berpotensi besar menarik wisatawan. Dan semua itu merupakan buah pemikiran dari ide kreatif
membangun industri kreatif di dunia pariwisata yaitu menciptakan kreasi pada wujud produk dari pemanfaatan sumberdaya lokal yang menunjang sektor pariwisata. Karena  PARIWISATA ADALAH MARKET POTENSIAL PRODUK EKONOMI KREATIF .” 
Lebih lanjut, ditekankan bahwa perlu adanya manajemen pengelolaan yang terstruktur serta memiliki legalitas. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pembentukan pokdarwis, pengajuan SK Bupati untuk desa wisata, serta adanya kelembagaan pengelola. Hal tersebut tentunya akan memudahkan pengelola wisata ke depannya, dan pengelolaan pariwisata akan berjalan dengan profesional. Terakhir, pastikan terpenuhinya aspek pariwisata yang memenuhi kebutuhan pengunjung.

KOMENTAR

Daftar Komentar