• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Dieng Orienteering Race 2022, Kenalkan Sport Tourism di Kawasan Dieng

Kawasan Dieng tahun ini resmi menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan Orienteering Race. Hal ini meruapakan kesempatan yang baik untuk membangkitkan Kembali geliat kepariwisataan pasca dua tahun tidur akibat pandemi.

Dilansir dari Ketua Penyelenggara Rahman Muklis “Dieng Orienteering Race 2022” dilaksanakan pada tanggal 27-29 Mei 2022. Kegiatan ini merupakan ajang perdana “Event Sport Tourism” di wilayah Dieng. Orienteering Race sendiri adalah Orienteering adalah sekelompok olahraga yang membutuhkan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas untuk menavigasi dari point ke point di medan yang beragam dan bergerak dengan kecepatan.

Rahman juga menjelaskan bahwa, event ini didukung pula oleh Kemenparekraf dan para pihak yakni KEMENPAREKRAF RI, KEMENPORA RI, Federasi Orienteering Nasional Indonesia, Asosiasi Olahraga Militer Indonesia, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, DISPARBUD Kabupaten Wonosobo DISPARBUD Kabupaten Banjarnegara, Satgas Covid-19 Kabupaten Wonosobo, POLSEK KejajarKabupaten Wonosobo, Desa Dieng Kejajar Wonosobo, dan Desa Dieng Kulon Banjarnegara.

Selain untuk memasyarakatkan jenis olah raga orienteering, kegaiatan ini bertujuan juga untuk mengenalkan atau mempromosikan destinasi wisata di Kawasan Dieng kepada para peserta dan wisatawan yang berkunjung. Event ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan sekaligus mengembangkan Orienteering kepada Masyarakat umum. Konservasi Orienteering merupakan salah satu cara untuk menikmati wisata alam dengan dampak lingkungan yang sangat minim. Kegiatan ini juga merupakan upaya mendukung berkembangnya industeri pariwisata dan industeri kreatif di Kawasan Dieng.

Dalam paparannya beberapa waktu lalu, “Dieng Orienteering Race 2022” merupakan sebuah event kejuaraan orienteering berskala nasional yang digelar dalam rangka meningkatkan kembali aktivitas pariwisata Indonesia, khususnya di kawasan dataran tinggi Dieng, dengan pesona alam dan potensi budayanya. Dieng Orienteering Race 2022 juga jadi event terbesar olahraga orienteering yang akan dilakukan di tahun 2022 ini dengan target peserta 200 orang dari dalam negeri dan undangan terbatas untuk penggiat orienteering dari wilayah Asia. Higga pelaksanaan berlangsung, peserta yang terdaftar berjumlah 198 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, terang Event Director Ayu N Surya. Adapun tempat yang akan menjadi pusat kegiatan adalah Taman Syailendra Dieng Wonosobo di dekat Telaga Warna sebagai lokasi finish sekaligus pusat kegiatannya. Sedangkan Lokasi start peserta mengambil tempat di Komplek Candi Arjuna Banjarnegara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudyaan Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo mengatakan bahwa, Dieng Orienteering Race 2022 sudah masuk dalam Kalender Event Pariwisata Kabupaten Wonosobo tahun 2022. Event ini berskala nasional, dan baru pertama kali ini dugelar di Kawasan Wisata Dieng. Hal ini jelas sangat strategis bagi pemasaran wisata di Dieng khususnya dan di Wonosobo pada umumnya. Event ini melibatkan 2 kabupaten yakni Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, karena lokasi kegiatan meliputi berbagai destinasi wisata di kawasan Dieng yang berada di 2 wilayah. Pemerintah Kabupaten Wonosobo sangat mendukung event ini, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo, Pemkab Wonosobo memfasilitasi tempat Taman Syailendra sebagai pusat kegiatan. Selain itu Pemerintah Kecamatan Kejajar dan pemerintah desa sekitar yang dilibatkan dalam event juga menyambut positif event ini sebagai salah satu upaya promosi wisata di tingkat nasional.

Hal ini menurut Agus Wibowo sangat menarik, karena ini jelas bisa mengusung potensi wisata yang mendukung di 2 wilayah yakni Wonosobo dan Banjarnegara tentunya. Agus berharap, event ini berkelanjutan, dan kedepan bisa menjadi w=event tahunan yang bisa mengangkat perekambangan pariwisata khususnya sport tourism di dan wisata minat khusus di Kabupaten Wonosobo tidak hanya di Diemg. Agus berujar bahwa Wonosobo punya 5 Dieng baru yang semuanya memiliki keunikan dan daya tarik yang sangat menjual bagi para penggemar sport tourism dan wisata tantangan.

Rahmah Muklis dalam keterangannya menyampaikan berbagai persiapan pun telah dilakukan sebelum pelaksanaan, seperti pengecekan rute, persiapan kelengkapan dan logistik serta memastikan kesiapan seluruh panitia yang bertugas. Mereka juga senantiasa berkoordinasi dengan pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan baik Kabupaten Wonosobo maupun Banjarnegara serta berbagai pihak terkait lainnya.

Dari 198 peserta tercatat mengikuti lomba dengan kategori M 18 = 24, M 21 = 101, M 30 = 25, M 45 = 3, W 18 = 13, W 21 = 25, W 30 = 7, W 45 = 0

Peserta mayoritas berasal dari kota-kota besar di Indonesia yang terdiri dari Pria dan Wanita, usia 17-50 tahun, Pelajar, Mahasiswa, Umum, TNI/Polri, Warga kota besar menyukai olahraga dan pola hidup sehat, Berjiwa petualang dan "free spirit" , dan merupakan penggiat olahraga outdoor.

Selain lomba olahraga Orienteering, akan diadakan pula acara pendukung seperti : Live music Pameran industri kreatif Pagelaran seni dan budaya Sunrise trekking Mt Sikunir

Lokasi start perlombaan akan dilakukan di lapangan Komplek Candi Arjuna (sebelah Pendopo Soeharto), Kabupaten Banjarnegara. Lokasi finish dan pusat acara berada di Taman Syailendra, Kabupaten Wonosobo

Berikut adalah rangkaian event"Dieng Orienteering Race 2022”:

Rangkaian Agenda :

1.       Virtual Tour Dieng – Road To Dieng Orienteering Race 2022, Kamis, 24 Maret 2022

2.       Jakarta Fun Orienteering – Road To Dieng Orienteering Race 2022

Gelora Bung Karno, Jumat, 15 April 2022, 16:30 wib

3.       Bazzar Produk Ekonomi Kreatif #BanggaBuatanIndonesia dari pelaku UMKM Wilayah Dieng

Jumat, 27 Mei 2022

4.       Talkshow “Masa Depan Orienteering Indonesia” , Jumat 27 Mei 2022

5.       Dieng Culture Tour, Candi Arjuna, Jumat, 27 Mei 2022

6.       Opening & Closing Ceremony Dieng Orienteering Race , Sabtu, 28 Mei 2022

7.       Lomba Orienteering , Sabtu, 28 Mei 2022

8.       Pagelaran Musik dan Budaya Dieng , Sabtu, 28 Mei 2022

9.       Sunrise Trekking Mount Sikunir, Minggu, 29 Mei 2022

10.    Royal Camping Prau Memukau, Minggu, 29 Mei 2022

KOMENTAR

Daftar Komentar