• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Fakta Dan Kisah Seputar Candi Bogang Yang Harus Kalian Tahu

Candi bogang merupakan Arca Buddha yang terletak di tepi jalan Banyumas KM 5.5, Jalur Wonosobo-Selomerto, masuk wilayah Kelurahan Selomerto Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Nama Candi Bogang sendiri diambil dari nama daerah di mana arca tersebut ditemukan. 

Adapun benda cagar budaya yang ditemukan adalah Arca Dhyani Budha dan Dhyani Bodhisattwa berukuran relatif besar. Arca ini ditemukan satu kompleks dengan komponen batu candi dan batu kali sebagai perkerasan tanah. Di situs ini juga ditemukan prasasti berbahasa Sanskerta dengan aksara Jawa Kuno dan terdiri dari tiga baris juga. Aksaranya ditulis pada lembaran emas berukuran 3 x 25 cm.

Dhyani Budha dalam agama Budha, adalah tokoh yang telah mendapatkan pengetahuan keagamaan dan terbebas dari lingkaran karma. Tokoh ini mengenakan jubah tanpa jahitan yang terdiri atas tiga lembar kain (trisiwara). Dhyani Budha berjumlah lima orang yaitu, Wairocana, Aksobhya, Ratnasambhawa, Amitabha , dan Amogasiddhi.

Dhyani Bodhisattwa merupakan tokoh yang memiliki kebajikan luar biasa dan sudah dapat mencapai nirwana. Namun Bodhisattwamemilih tinggal di dunia dan menolong umat manusia untuk mencapai moksa. Dalam melaksanakan tugasnya Bodhisattwa diperkenankan mengenakan pakaian layaknya bangsawan dan memiliki kekuasaan.

Seperti yang disebutkan dalam hasil ekskavasi Candi Bogang, penemuan berawal dari temuan kepala Arca Buddha pada (23/2) 1982. Situs ditemukan seorang pekerja bangunan yang akan membangun pondasi. Ketika pertama kali ditemukan, terdapat empat bagian patung Buddha. Dua bagian patung telah dipindahkan ke Museum Karmawibangga di kawasan Stupa Mandala Borobudur karena faktor keamanan. Sehingga di lokasi Candi Bogang Arca yang ada di sana sekarang tidak utuh.

Sumber Informasi:

- Kompasiana

- Website resmi Kemendikbud

- TACB Wonosobo

KOMENTAR

Daftar Komentar