• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Penguatan Kapasitas Public Speaking dan Pemanfaatan Media Promosi Pariwisata

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo menyelenggarakan Penguatan Promosi Pariwisata melalui Kapasitas Public Speaking dan Pemanfaatan Media Sosial bagi Mas Mbak Duta Wisata Wonosobo dan Karyawan Disparbud pada Selasa-Rabu lalu (12-13/3).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pemasaran Disparbud, Fatonah Ismangil yang sekaligus menjadi mentor Penguatan Kapasitas Public Speaking  menyampaikan bahwa kegiatan ini  menjadi momentum strategis dalam memberikan nilai tambah bagi Duta Wisata Wonosobo dan Tim Kreatif Pemasaran Disparbud sebagai agen promosi pariwisata daerah sekaligus mengembangkan potensi Mas Mbak Wonosobo dan Karyawan Disparbud agar nantinya berani menyampaikan ide, gagasan, networking, dan menguatkan kemampuan komunikasinya, ujarnya.

“Dengan memiliki skill public speaking yang baik , Mas Mbak dan Tin Kreatif Pemasaran Pariwisata Disparbud Wonosobo diharapkan mampu melakukan banyak kreativitas dan menghasilkan karya menarik terhadap kegiatan promosi pariwisata serta memperluas jaringan segmentasinya”, ujar Fatonah.

Senada dengan itu,  Konten Kreator Arma Deni Kurniawan sekaligus selaku anggota Komite Ekonomi Kreatif (KEK) Wonosobo, yang menjadi narasumber dan mentor mengatakan media sosial dari lembaga pemerintahan harus bisa membuat konten yang berkualitas baik, informatif, serta menarik bagi publik dengan bahasa yang mudah dimengerti.

”Ada strategi yang harus dilakukan agar konten media sosial yang diunggah di berbagai kanal yang ada seperti Facebook Instagram, YouTube, TikTok, dan Twitter menjadi konten yang terstruktur, menarik, serta menjadi media promosi pariwisata, dan ini yang harusnya dikuasai oleh para konten kreator”, ujar Arma.

Sementara itu, ditemui di tempat terpisah, Agus Wibowo, Kepala Disparbud Wonosobo mengungkapkan bahwa penguatan kapasitas public speaking ini sebagai bentuk penguatan kapasitas SDM Mas Mbak Wonosobo, serta sebagai bekal untuk duta wisata agar memiliki kemampuan berbicara di depan publik dengan segala daya tarik dan potensi personal yang dimiliki. Tim kreatif pemasaran pariwisata juga harus mampu memanfaatkan media yang profesional dan berdampak positif bagi citra pariwisata Kabupaten Wonosobo.
Kegiatan Penguatan Kapasitas ini juga dilakukan dengan metode langsung praktik on the spot di lokasi-lokasi atau destinasi yang menarik dan memiliki story telling yang kuat. Para narasumber mengajak peserta untuk mempelajari bagaimana mengemas teknik komunikasi verbal dan non verbal agar dapat disampaikan secara efektif, yang bermuara pada pembentukan citra positif dan pemanfaatan media sosial.

“Saya harap peserta bisa memanfaatkan momentum ini dan mendapatkan manfaat serta menjadi momentum peningkatan kapasitas diri sebagai Mas Mbak Wonosobo, ungkap Agus.

KOMENTAR

Daftar Komentar