• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Sakral Dan Unik, Babad Dieng Sukses Digelar

Babad Dieng 2021 diselenggarakan secara terbatas namun tidak mengurangi kesakralan dan keunikannya. Acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Dieng bekerjasama dengan berbagai kalangan budayawan, tokoh adat, dan tokoh masyarakat setempat dikemas sesederhana mungkin sesuai protokol kesehatan dan dijaga ketat oleh Satgas Covid Kecamatan Kejajar. Selain dilaksanakan secara tatap muka di Tuk Bimo Lukar dan Balai Desa Dieng, perhelatan selama 2 hari (20-21 November 2021) ini juga disiarkan secara streaming atau virtual.
Rangkaian acara Babad Dieng meliputi Jagong Budaya, Kirab Budaya, Penyerahan Hasil Kirab, Ucup Sesaji dan Rajah, Kembul Bujana, Pementasan Seni Tradisional, dan Ruwat Sukerta.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Fatonah Ismangil dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo menyambut Positif dan sangat mengapresiasi Kegiatan Budaya Babad Dieng ini. Tradisi ini patut dilestarikan lintas generasi, karena mengangkat kearifan lokal Dieng yang selama ini sudah mendunia. Dieng adalah icon wisata dan budaya, khususnya di Wonosobo, dan ini menjadi sesuatu yang sangat menjual untuk dikembangkan. Harapannya untuk yang akan datang jika pandemi sudah berakhir, kegiatan ini bisa digelar lebih meriah lagi dan mendatangkan wisatawan sehingga ekonomi masyarakat dan daerah Wonosobo bisa bangkit lagi. Namun demikian, ini perlu proses. Perlu kerjasama yang sinergis lintas pihak agar pagelaran semacam ini bisa terselenggara secara lebih apik dan diminati banyak kalangan. Melalui Babad Dieng, Pemajuan Kebudayaan bisa terselenggara, di samping itu juga sebagai salah satu atraksi yang menarik kepariwisataan di Dieng khususnya dan di Wonosobo pada umumnya.

 

KOMENTAR

Daftar Komentar