• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com
  • Log In
  • FAQ
  • English
  • Indonesia

Wabup Minta Inisiasi Pembentukan Geopark Dieng Dipercepat

Wakil Bupati, Muhammad Albar, minta agar inisiasi pembentukan Geopark Dieng bisa dipercepat, mengingat progress pembentukan Geopark, sejak 2015 agak lambat. Hal ini disampaikan Wabup, saat memberikan arahan dalam sosialisasi aspiring/menuju Geopark Dieng, Sabtu, 20 November, di Pendopo Kecamatan Kejajar.

Wabup meminta, setelah tahapan sosialisasi dan FGD, agar masyarakat memilliki pemahaman tentang Geopark, ditindaklanjuti dengan penyusunan masterplan dan rencana aksi daerah, sehingga progress pentahapannya jelas dan bisa segera diimplementasikan. Selanjutnya, setelah terbentuk, bisa membuat daya tarik wisata di Dieng lebih menarik, tapi tetap memperhatikan konservasi lingkungan hidup. Dan yang terpenting bisa mensejahterakan masyarakat. 

Disamping itu, pendapat para tokoh juga perlu didengarkan, agar upaya percepatan pembangunan Geopark Dieng, yang bersinergi dengan Kabupaten Banjarnegara bisa segera terealisir. Pendapat yang konstruktif sangat diperlukan, sehingga ada penguatan dalam mempercepat proses pembentukan Geopark Dieng.

Senada, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo, menyampaikan setidaknya perlu dibuat branding dan tagline yang menarik, agar pembentukan Geopark Dieng segera terwujud, seperti Negeri di Atas Awan. Dengan branding dan tagline yang menarik, ditambah adanya literasi yang menarik, diharapkan bisa menarik atensi masyarakat, khususnya dari calon wisatawan. 

Namun yang tidak kalah penting, masyarakat bersama pemerintah desa di sekitar kawasan geopark, terlebih dulu menginventarisir potensi geo herritage yang dimiliki, termasuk potensi culture dan keanekaragaman hayati. Setelah diinventarisir bisa disusun DED kawasan, sehingga bisa segera masuk masterplan pembentukan Geopark Dieng. Geopark Dieng sendiri diarahkan untuk pembangunan kepariwisataan berkelanjutan serta bisa membuka peluang investasi dari pengembangan Geopark Dieng.  Hal ini juga selaras dengan Peraturan Presiden Nomor 9 tahun 2019 tentang pengembangan taman bumi (geopark), bahwa pembangunan Geopark ditujukan untuk mendukung pembangunan keberlanjutan demi seluas-luasnya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

KOMENTAR

Daftar Komentar