• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com

Tari Topeng Lengger dan Bundengan Wonosobo Menjadi Warisan Budaya Tak Benda

Tari Topeng Lengger dan Bundengan asal Wonosobo telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Keduanya masuk dalam kategori WBTB Seni Pertunjukan.

.

Menurut Kepala Bidang Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wonosobo, Khristiana Dewi, pengajuan penetapan WBTB tersebut sebagai salah satu langkah untuk melindungi objek kebudayaan Daerah. Sesuai amanat UU No 5 Th 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Pemkab Wonosobo mengupayakan berbagai langkah untuk upaya pelindungan objek kebudayaan, di samping upaya pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan.

Khusus di tahun 2019, sudah dilakukan upaya riset dan pendokumentasian untuk pendaftaran objek kebudayaan Tari Topeng Lengger dan Bundengan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia. Setelah dilakukan pencermatan berbagai dokumen dukung oleh Tim Ahli Kemendikbud, dan disidangkan pada tanggal 8 Oktober 2020 (virtual dengan menghadirkan pula tim riset dan para maestro seni di 2 objek tersebut dari Kab. Wonosobo), Alhamdulillah di tanggal 9 Oktober kami menerima pengumuman secara vidcon juga, bahwa 2 objek tersebut lolos ditetapkan sebagai WBTB Indonesia.

"Harapan kami, ke depan ada lebih banyak dukungan untuk upaya pelindungan objek kebudayaan yang meliputi riset, inventarisasi, pendokumentasian, penyusunan buku, pendaftaran WBTB, pendaftaran HAKI komunal dan sebagainya oleh Pemkab dan seluruh stakeholder terkait. Sehingga upaya pemajuan Kebudayaan Wonosobo sebagai bagian dari Kebudayaan Nasional bisa lebih optimal lagi" ungkap Dewi. Tak kalah penting adalah dukungan untuk upaya pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan, termasuk kegiatan lokakarya, pelatihan, festival dan lain-lain.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Disparbud Wonosobo, Kristiyanto mengungkapkan, Penetapan WBTB tahun 2020 melewati proses yang bertahap, mulai dari pengusulan pemerintah daerah, seleksi administrasi, seleksi substansi, hingga sidang penetapan. Persyaratan di dalamnya juga meliputi hasil riset kajian sejarah dan perkembangan objek dimaksud, penyusunan video dokumenter, ringkasan atas naskah/skripsi/tesis/ buku terkait objek budaya tersebut.

"Khusus untuk Provinsi Jawa Tengah, Direktorat Pelindungan Kebudayaan Kemendikbud di tahun 2020 ini telah menetapkan 14 WBTB Indonesia dari Provinsi Jawa Tengah, didalamnya termasuk 2 (dua) dari Kabupaten Wonosobo yaitu Tari Topeng Lengger dan Bundengan pada kategori seni pertunjukan, setelah di tahun 2019 kita peroleh Sertifikat Penetapan WBTB Indonesia untuk Tradisi Hak-Hakan dan Ruwat Cukur Rambut Gimbal," jelasnya.

Lebih lanjut, ditetapkannya Tari Topeng Lengger dan Bundengan pada WBTB Indonesia 2020 yang merupakan seni khas Kabupaten Wonosobo, diharapkan bisa lebih menumbuhkan kecintaan masyarakat Wonosobo untuk lebih mengenal dan aktif melestarikannya, disamping objek kebudayaan yang lain.

"Untuk tahun 2020 ini, dengan keterbatasan anggaran yang ada, kami baru bisa menyiapkan dokumen persyaratan pendaftaran WBTB Indonesia untuk 1 objek budaya Daerah yaitu Wayang Othok Obrol, yang proses seleksi dan sidang penetapannya akan dilaksanakan pada tahun 2021. Ke depan akan terus kami lanjutkan upaya pendaftaran penetapan WBTB untuk berbagai objek kebudayaan yang ada secara bertahap dengan skala prioritas," tandasnya.

KOMENTAR

Daftar Komentar