• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com

What Is Bundengan 2019

Bermain air di kali seusai mencari ikan di parit-parit. Menyusuri sawah sambil mencari jamur di tumpukan jerami. Melihat bebek-bebek berbaris mencari makan di pematang. Dipandu tongkat penggembala yang berlindung dari terik di bawah tudung bambu. Satu atau dua tembang boleh kita dendangkan, biarpun tak paham betul maknanya, biarpun fasih terucap dalam bahasa ibu. Canda dan tawa mengantarmu sampai menjelang senja.

Menikmati suara, udara dan suasana desa tanpa peduli waktu. Mendengarkan kisah-kisah dalam kesederhanaan. Belajar makna tembang-tembang bersama mereka yang menghargai tanah dan air yang kita warisi. Di mana padi dan sayuran segar dipanen dengan riang. Di mana rimbunan bambu tumbuh lebat menaungi rumah-rumah petani. Bambu yang sama kemudian dibuat tongkat penggembala, dianyam jadi tudung, dan dibunyikan lewat alunan Bundengan. Apakah ingatan masa kecil ini juga milikmu? Atau kamu ingin memiliki kenangan ini sendiri?

Kami ajak 50 orang terpilih untuk bertemu langsung dengan para maestro. Menyelami daur hidup Bundengan langsung dari asalnya. Menghidupkan kembali instrumen yang sudah lama redup, lewat diskusi, workshop, belajar langsung di sawah, hingga menyaksikan Bundengan mengiringi syahdunya pagelaran seni di malam hari. Mari berkunjung ke Ngabean, dusun tempat semuanya ada! Kita rayakan bersama-sama dalam #WhatisBundengan 2019!

Daftar di
http//s.id/wib2019

KOMENTAR

Daftar Komentar