• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com

Puncak Acara "Rakanan Giyanti 264Th" Sedot Ribuan Penonton

Puncak acara "Rakanan Giyanti 264Th" digelar pada hari Jumat (27/9) di Dusun Giyanti Desa Kadipaten Kecamatan Selomerto Kab. Wonosobo berlangsung ramai. Acara tahunan yang di gelar setiap Jumat Kliwon di bulan Suro ini sudah berlangsung sejak 264 tahun yang lalu dan di laksanakan turun temurun oleh masyarakat Dusun Giyanti ini.  

Diawali dengan punjung leluhur atau ziarah makam Mbah Monyet, Mbah Mertoloyo, Mbah Patih, dan di ikuti oleh kelompok kesenian, peserta wisuda lengger dan masyarakat. Di lanjutkan dengan kirab tenong diawali pulangnya para peziarah  menuju Pendopo Kertojanti di ikuti oleh kelompok kesenian peserta wisuda lengger, ibu-ibu pembawa tenong dan nantinya diadakan upacara selamatan. sebelum dilaksanakan upacara selamatan akan ada doa lintas agama, pembacaan silsilah, penampilan kesenian berbagai daerah dan di akhiri rahayan tenong (jajan rakan) bersama pengunjung dan warga.

Acara Rakanan Giyanti ini digelar selama 3 hari pada tanggal 26-28 September 2018. Ada banyak rangkaian acaranya yaitu Wisuda Lengger, Festival Pesusan Beras, Festival Balon Sarung, Pentas Budaya Lintas Daerah dan Pagelaran Wayang Kulit.

KOMENTAR

Daftar Komentar