• (0286) 321194 WhatApp 085228508887
  • disparbud.wonosobo31@gmail.com

FESTIVAL KULINER WONOSOBO 2019, ANGKAT POTENSI PANGAN LOKAL WUJUDKAN WONOSOBO SEBAGAI PUSAT CAGAR KULINER TRADISIONAL

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Wonosobo kembali menggelar Festival Kuliner Wonosobo yang akan digelar pada tanggal 20-21 September 2019, di Jalan Merdeka Alun-alun Wonosobo. Tema tahun ini yaitu Angkat Potensi Pangan Lokal Wujudkan Wonosobo Sebagai Pusat Cagar Kuliner Tradisional Kuliner menjadi salah satu sub sector Ekonomi Kreatif yang memiliki potensi besar dalam perekonomian nasional untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, maju, adil dan makmur. Ekonomi kreatif digerakkan oleh sumber daya yang dapat terbarukan yang berjumlah melimpah di Indonesia, yaitu sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia.

Melimpah nya hasil sumber alam nusantara, memberi dukungan besar bagi pengembangan kuliner di Indonesia. Bahkan saat ini dengan kemajuan teknologi informasi, berbagai resep kuliner dari belahan dunia manapun akan sangat mudah diakses. Hal ini berkontribusi besar untuk memberikan literasi kuliner baik bagi para penikmat maupun produsen kuliner. Teknologi juga memudahkan bisnis kuliner dalam hal distribusi produk. Maraknya media sosial dan aplikasi, menjadikan bisnis kuliner rumahan menjadi kuliner "Hit". Menggeser anggapan bahwa bisnis kuliner harus berada di tempat strategis yang berbiaya mahal.

Tak salah jika bisnis kuliner saat ini banyak dilirik kalangan generasi muda dan mengalami kemajuan yang sangat pesat. Mulai dari sajian kuliner yang merupakan resep turun temurun hingga resep baru yang disajikan secara menarik, dan mengikuti selera pasar.

Festival Kuliner Wonosobo 2019 merupakan event wisata yang menyajikan berbagai kuliner khas Wonosobo baik yang tradisional maupun modifikasi bersumber dari pangan lokal, bercitarasa nusantara sebagai bagian dari upaya melestarikan kuliner sebagai warisan budaya tak benda yang harus dilindungi dan dilestarikan.

Di arena festival kuliner kali ini pengunjung bisa menikmati makanan khas Wonosobo. Selain bazar kuliner, akan diselenggarakan berbagai even diantaranya Gunungan Bucu Pendem, begai gratis 1000 cup mie ongklok, talkshow, lomba kreasi menghias topping donut, lomba kreasi kudapan dari buah salak dan cooking kelas. Dan bagi para penggemar foto, di arena festival kuliner akan disediakan area foto dengan nuansa dapur jadul. Panitia juga menyediakan konstum jawa tradisional untuk satu foto keluarga. Ayo kunjungi dan meriah kan festival kuliner Wonosobo.

KOMENTAR

Daftar Komentar