• (0286) 321194
  • disparbud.wonosobo@yahoo.com

Festival 21 Dewa ( Desa Wisata )

Festival 21 Dewa ( Desa Wisata )

Ada yang unik digelar di Desa Kadipaten, Selomerto, Wonosobo, Jawa Tengah minggu-minggu ini. Sekitar 21 desa wisata bergotong royong tampilkan gerai wisata berkonsepkan pedesaan, lengkap dengan ornamen bambu, jerami, sampai limbah pertanian dan perkebunan yang sudah di daur ulang. Ya, festival tahunan Desa Wisata Wonosobo kembali digelar tahun ini, dan tentu saja tetap setia dengan tradisi dan kearifan lokalnya. Ragam produk unggulan desa wisata dipamerkan dan dijual dalam festival ini, mulai dari produk kuliner, kerajinan, hasil pertanian, hingga potensi wisata desa. Dikemas dengan cara unik, festival ini mampu menjadi daya tarik wisatawan, tak terkecuali wisatawan mancanegara. “so i think is very nice, its very beautifull and is very interesting, to see how traditional of living, traditional food, and sing, making music.” Ujar LINE RAUNKJAER – Wisatawan.

Selain menjadi ajang promosi wisata, festival ini juga jadi kesempatan bertukar pengalaman antar kelompok sadar wisata, untuk memajukan desa wisata yang dikelola. “jadi festival desa wisata ini kita mengedapankan kearifan lokal yang ada. Jadi untuk konsep desa wisata sendiri seperti di belakang saya dengan konsep pakai bambu, kita mengedapankan sebuah desa yang ternyata punya banyak sekali makna, punya banyak sekali budaya, punya banyak sekali hal-hal yang sebetulnya bisa kita jual.” Ujar AHNAF USTANTO - Ketua Panitia Festival Desa Wisata.

Masing-masing kelompok sadar wisata juga menampilkan seni budayanya, dalam bentuk tari atau musik tradisional. “Wonosobo di RPJMD kita prioritas utama adalah di wisata karena multiplier effect di pariwisata begitu banyak. Karena ada hubungannya dengan seni dan sebagainya, festival itu untuk menarik, ada bumbu-bumbu aksesoris, kita sampaikan ke kepala pariwisata provinsi bahwa ini khan tiap tahun ada, di sini tiap tahun ada kegiatan ini, nanti ada schedule untuk event-event nasional dan internasional.” Ujar AGUS SUBAGIYO - Wabup Wonosobo. Menjadi event wisata tahunan,

Festival 21 Desa Wisata Wonosobo ini digelar selama tiga hari, sejak Jumat 5 Oktober sampai hari Minggu 7 Oktober 2018.

 

KOMENTAR

Daftar Komentar